30 Agt 2015

HSF RPH

Dua event sebelumnya saya tidak hadir. Tapi pada tanggal 17 Agustus kemarin tiba-tiba ingin datang lagi. Salah satunya karena ada member yang akan grad. Siapa tau bisa bicara sepatah dua patah kata. Terus mau ketemu sama member populer. Dan ke member yang akhir-akhir ini suka saya mention.

Belum beli tiket sama sekali. Bisa dong ots. Tapi pas sampai lokasi agak nyesel juga. Karena antriannya panjang sekali dan outdoor. Lumayan banget dijemur hampir dua jam. Huh lain kali beli jauh-jauh hari deh. Sebenarnya sebelumnya juga sering beli ots. Tapi waktu hs GC antriannya ga separah itu. Katanya hs itu memang tidak begitu ramai. Lalu waktu hs koplac di senayan. Antriannya panjang juga tapi indoor. Nah ini outdoor. Banyak yang pakai seragam juga. Mungkin abis upacara.

Tengah hari bolong member muncul di luar gedung. Mereka nyanyi di depan patung Sudirman. Ga bisa lihat cuma denger suaranya aja. Setelah itu mereka masuk lagi cuma ga tau lewat pintu yang mana.

Oiya karena antriannya lama sekali jadi ga keburu sesi dua dimana adalah sesi member yang mau grad. Ya sudah lah. Akhirnya ke yang lain aja. Sesi 3 pun tidak keburu. Ambil sesi 4 dan 5.

Pas masuk antrian verif ternyata perlu menunjukkan kartu member sementara. Di kertas hs juga tercetak nama. Masuk ke arena hs terlihat barisan bilik. Yang paling ujung adalah jalur 24 dimana fans andela sudah antri panjang. Dia ikut hs walau nyaris grad.

Menghitung mundur jalur dan berhenti di jalur 14

Sesi 4 jalur 14

Y : hai kok ga pernah nonton sih?
Y : nonton tapi..
Y : kerja ya? rabu nonton dong
Y : jumat deh. tapi kalau ga lembur ya.
Y : kerja ya?
Y : sabtu minggu dong
Y : capek dong dua show

Lagi abis nonton teater disuruh hs. Lagi hs disuruh nonton teater

Sesi 4 jalur 8

L : halo wah pertama kali ya handshake sama aku ya?
Y : iya
L : namanya siapa?
Y : ada deh. nanti masuk rumah hantu ga?
L : engga
Y : padahal kadonya ada di situ
L : kado?

Yah dia jadi bingung. Udah ah. Hahaha.

Sesi 4 jalur 3

N : halo
Y : udah selesai filmnya?
N : belum. nanti september
Y : kapan main film lagi?
N : insya allah

Ada lagi yang diomongin tapi ga tahu dia memperhatikan atau tidak. Kalem banget nih anak. Tumben juga antriannya tidak sepanjang jalur 1 dan 2. Terlalu lama menghilang nih.

Sesi 4 jalur 1

V : hai
Y : kemarin jadi center river ya?
V : apa? *ga denger.jalur satu maklum paling deket stage*
Y : kemarin jadi center river ya?
V : iya. berduaa kinal *cie nyebut kinal padahal saya tidak menyinggungnya lho*
Y : sering-sering aja
V : makasih ya *kasih stiker 4 biji*

Cepet banget deh. Perasaannya belum 10 detik. Tapi kasih stikernya banyak banget.

Setelah itu ke stage karena mau nunggu dua admin tercinta yang sudah kasih tahu jam berapa akan naik stage. Dan saya kaget. Dulu ga gini deh. Jadi dulu kan emang suka nonton performance di stage. Biasanya berdiri di tengah. Di baris depan ada yang foto-foto udah biasa. Banyak banget mereka. Bisa dua tiga baris. Nah kali ini juga banyak fotografer. Tapi mereka berdiri di bangku kecil. Udah tinggi berdiri di tengah pakai bangku pula. Penonton biasa kayak saya ga bisa lihat apa-apa. Lihatnya dari hp aja. Hiks. Ah.

Setelah beberapa member nyanyi solo diluar lagu grup, kemudian dua admin muncul. Lumayan lama durasi untuk acara mereka. Sayangnya saya tidak bisa merekam dengan baik. Foto sedikit ga ada yang bener. Rekam video juga cahayanya terlalu terang jadi mukanya malah kelihatan putih. Kurang latihan lagi nih jadi lupa tata cara merekam video atau ambil foto yang baik. Selama ini lebih sering rekam suara. Haha. Sst.

Keluar gedung dulu untuk masuk dan verif lagi.

Sesi 5 jalur 6

Waktu saya lagi antri kelihatan banget dia agak kurus. Pakai dress hitam dan topi agak lebar. Kulitnya putih banget.

K : hai
Y : nanti masuk rumah hantu ga?
K : engga lah
Y : masuk dong. foto bareng sama hantu
K : no. sampai kapan pun tidak *dia geleng-geleng terus*

Ya kira-kira gitu aja ngomongnya. Haha. Ga penting banget ya. Udah tahu dia takut yang serem-serem makanya disuruh masuk rumah hantu.

Rasanya cukup. Mari pulang. Eh ada yang kelupaan. Beli makanan di booth lawson. Sampai balik lagi deh ke dalam gedung.

2 Agt 2015

Bel Terakhir Berbunyi

Akhirnya setelah tidak bisa nonton sonichi pada hari sabtu, akhirnya saya bisa nonton pada hari minggu. Penasaran banget sama lagu mammoth. Sebelum bisa nonton langsung, saya suka nonton youtube perform tim k dari akb48. Bahkan nonton setlist itu dari snh48. Saking ga sabarnya.

Selain karena setlist baru dan lagunya enak-enak, saya juga ingin melihat penampilan kinal yang baru pindah tim 1 agustus kemarin.

Kageana : kinal

00 Overture

M01 Mammoth
Akhirnya saya bisa menyaksikan langsung lagu ini dibawakan tim k3. Lagunya keren abis. Seperti lagu yang kuat, hebat dan pantang menyerah. Lirik awal dinyanyikan oleh kinal. Kostumnya seperti baju musim dingin yang tebal. Ada bulunya juga. Kesannya sedang berada di tempat yang dingin banget. Seperti tempat hidup mammoth. Blockingan yuko diisi yupi. Sedangkan sayaka diisi viny.

M02 Saishuu Bell Ga Naru
Sebelumnya sudah pernah lihat mereka perform lagu ini pada saat konser bulan juni tapi sekarang versi full dong. Yang dulu bait pertama dinyanyikan rona dan naomi. Karena naomi sudah pindah tim, jadi blockingan naomi diganti kinal. Dulu saya pernah nebak part-nya yona di lagu bel terakhir adalah di bait setelah reff dan ternyata benar. Hahaha. Soalnya suaranya khas banget pas kata '.. yang aku rahasiakan..'

M03 Boyfriend no Tsukurikata
Jaketnya dilepas. Di dalamnya seragam hijau gelap. Separuh member berdiri di belakang. Sebagian di depan duduk bertumpu dengan lututnya. Harap maklum di sini stage-nya ga bisa naik turun. Lagunya asyik '..one two three...'. Oiya, di lagu akb48 ada lirik i-ro-ha. Di snh48 juga dinyanyikan i-ro-ha. Tapi kalau di jkt48 diganti abc.

M04 Erai Hito ni Naritakunai
Ku tak ingin jadi orang hebat. Ku ingin jadi orang bebas. Itu sebagian lirik reff-nya. Lagunya enak.

MC1 Hari minggu biasanya ngapain?
rona : jajan di cfd dan ibadah
hanna : ibadah. jalanannya pas ga terlalu macet
yupi : minggu kan libur nasional. bisa ibadah jadi seneng
kinal : beli makanan yang lewat depan rumah bubur, nasi kuning
acha : nonton kartum dari jam 5 pagi
lidya : waktu kecil disuapin sama ibu. nonton tv doraemon. sekarang ga usah nonton lagi karena ada doraemonnya *narik sinka*
yona : di bogor dan jakarta beda banget. kalau di jakarta hari biasa macet. hari minggu sepi. jadi bisa memilimalisir ongkos taksi. waktu kecil suka nonton kartun
nat : nyubuh. istilah cfd di rangkas. kalau di jakarta cfd=cari food disini
viny : berangkat jam 7 naik bis masih sepi. dunia serasa milik berdua sama supir.
uty : waktu sd jadwalnya ngaji dari jam 7 sampai jam 10. waktu sma belajar dari subuh
ikha : nonton chibi maruko chan
sinka : nonton barbie. dan tidur sampai jam 4 sore
sisil : seneng kalau dapat teater. nonton dvd horor. kalau kangen della nonton juon
chikarina : ada cfd. lari pagi. (cfd) tidak ada di jepang
via : jiwanya ibu kartini banget. seneng menghibur masyarakat. ga suka hang out. sukanya direct selling, theater
della : bangun jam 6 pagi help my mom. nyapu ngepel. lalu belajar ipa ips

M05 Return match (kinal rona acha nat)
Kinal pakai jas item. Acha jas putih. Rona dan nat pakai gaun. Naik-naik kursi. Kinal di posisi sayaka. Macho abis.

M06 Hatsukoi Dorobou (yupi ikha uty)
Unit song yang lucu. Bajunya warna pink kuning hijau. Uty di posisi oku manami

M07 Gomen ne Jewel (viny hanna yona lidya)
Viny hanna pakai baju merah. Yona lidya pakai baju biru. Semuanya blink blink. Persis permata. Atau yang sederhananya batu akik. Eh bukan bukan. Lagu ini rame banget di stage. Karena ada backdancer enam orang. Sebagian dari trainee, sebagian dari kandidat trainee.Jadi inget waktu bnt kan yang berempat ini jadi bd di idol nante. Sekarang mereka yang di depan. Hehe. Lagunya panjang. Pasti seneng yang oshinya ada di lagu ini. Lihatnya lebih lama.

M08 Oshibe to Meshibe to Yoru no Chouchou (chikarina sinka)
Hmm, sinka jadi dewasa ya sekarang. Agak seksi gitu. Dialognya juga agak2 gimana. Setelah lihat ini kinjirareta jadi seperti tidak terlalu parah.

M09 18nin Shimai no Uta (della via sisil)
Lagunya absen member. Pernah dibawakan pada saat konser suka rasa apa. Member yang disebut ada 18. Beda dengan konser yang masih menyertakan nama tata nobi dan naomi. Foto member muncul di layar pakai seifuku kuning coklat yang dipakai saat konser don't lookback. Lagunya kocak bais. Di tengah ada main tebak2an. tapi ga terlalu kedengeran. Di akhir juga ada tebak2an. Kali ini tanpa musik jadi terdengar.
della : siapa penjahit bendera merah putih?
via : rengasdengklok
sisil : sayuti metik
della : fatmawati
Tumben della pinter

Jadi sebelum tema mc, hanna menyebut judul lagu unit song. Unit song keempat paling panjang agak sulit diucapkan. Hanna lempar ke chikarina. Tapi kinal minta hanna menyebutkan. Akhirnya hanna dibisikin sama chikarina. Pas artinya bahasa indonesia gantian chikarina dibisikin sama hanna. Kinal emang sepertinya mau member hapal dengan judul unit song dalam bahasa jepang dan indonesia. Minggu lalu pas tnm dia memperhatikan gaby yang belum hapal unit song. Kata kinal gaby perlu remedial. Ternyata di setlist ini pun dia memperhatikan member harus hapal judul unit song. Good, captain.

MC2 Sebelah kanan kau cocoknya usaha apa?
chikarina ke hanna : jual bunga. dalam bahasa jepang hana artinya bunga
hanna ke kinal : jual pakaian
kinal ke viny : usaha peridolan
viny ke uty : usaha toilet umum
hanna nyeletuk uty usaha jual sajadah
uty ke chikarina : dangdut keliling

M10 Stand Up
Lagu stand up versi akb48 sering saya dengarkan selain lagu mammoth. Lagunya keren. K3 pun membawakan dengan baik. Masih belum hapal siapa aja yang ngerap. Kostumnya warna putih abu-abu. Acha yupi della pakai topi.

M11 Coolgirl
Lagunya enak. Mirip lagu jadul. Tapi apa ya.

M12 Kaiyuugyou no Capasity
Judulnya lucu. Kapasitas ikan migrasi. Belum nangkep makna lagu ini. Lagunya enak tapi belum terlalu akrab sama lagunya karena yang versi ekebi saya dengarkan sampai m10 saja. Hehe.

MC3 Lagu favorit jika sedang galau
Member nunjuk uty karena mereka jarang dengar uty nyanyi. Uty malah nyanyi ya habibil mustofa. Setelah didesak yang lain uty bawain lagu jaman audisi
sisil : miss you bad (kangen band). Part favoritnya '...aku disini menunggumu dan bertanya...'
yona : penonton disini pasti tau lagunya karena semuanya seumuran sama aku. perjalanan ini terasa sangat menyedihkan *nyanyi*
chikarina : artisnya tidak tahu. liriknya tidak tahu. *senandung*
Member : yovie n nuno
yupi : anti galau.
yupi bilang tidak punya lagu galau. Setelah dipancing dan dipaksa member yupi tetap tidak punya lagu galau
hanna : mana mungkin selimut tetangga
yona cerita jaman audisi hanna ngomong jessie j dengan medhok
ikha : jika teringat tentang dikau jauh di mata
sisil : buat fans far nih
yona : kita sayang kok kalian semua

MC4 Ingin pelihara hewan buas apa?
kinal : dimulai dari yang mukanya paling buas. Dudut!
sinka : panda. panda buas ya. kalau kecil lucu
viny : panda sekarang serem
lidya : diajarin chikarina yang ga bener
member + penonton : waaa...
acha : dinosaurus. kalau kalian berpindah hati apinya menyebur ke kalian
viny : itu naga
della : bintang buas yang bentuknya kayak apa?
kinal : yang bertaring
della : hiu. eh jangan hiu. itu contohnya. monyet. pengen pelihara monyet yang pengertian sama aku
saktia : buaya darat
nat : jangan. udah pengalaman gue
lidya : pengen pelihara aum
kinal : hipo. kuda nil. mulutnya mirip *mangap*
nat : babi ngepet. biar banyak uang
viny : paus pembunuh

M13 Ai no Iko
Kostumnya dress warna warni. Ada kuning, pink, ungu. Bajunya ada coraknya sedikit

Encore

M14 Shamu Neko
Kostumnya dominan biru ada kuningnya. Koreonya ada gerakan tangan kucing. Ternyata arti lagunya kucing siam

M15 Melos no Michi (Jalan Melos)
Arti dari lagi lagu ini ada orang bernama melos yang menolong temannya. Koreonya unik. Jadi separuh member ada di kiri separuh di kanan. Narinya bergantian kayak orang mau tawuran atau battle dance.

M16 Sasae (Dukungan)
Lagu baper. Pernah liat lagu ini waktu konser don't look back. Member pada nangis sejak awal lagu. Padahal kalau di ekebi lagunya dibawakan dengan senyum. Tapi emang lagunya bukan lagu biasa. Saya aja nonton di youtube merasa merinding. Bagaimana pas nonton langsung tadi. Saya lihat ada beberapa member yang nahan perasaan. Kalau tidak mungkin udah nangis lagi. Sedih asli. Pas absen member seusai abjad, penonton juga ikut manggil nama member tersebut. Wah keren. Yona namanya di urutan terakhir. Viny yang berdiri sebelahan dengan yona udah lirik-lirik takutnya yona ga kebagian nyebut nama. Kebagian sih walau mepet banget. Hihi. Mungkin yang namanya di abjad awal harus cepet nyebutnya supaya bisa pas gitu.

Hitouch
Urutannya lupa. Tapi yang awal adalah bd. Di tengah ada kinal. Di posisi itu ada my oshi. Eh dia masih ngenalin. Terus nanya bagus ga? Saya bilang bagus. Padahal saat itu saya udah ada di depan member yang lain

2 Agustus 2015