13 Jul 2009

Sailor Moon - Manga dan Mangaka

Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang Sailor Moon. Sailor Moon adalah anime favorit saya waktu kecil. Tayang pertama kali di Indosiar lebih dari sepuluh tahun yang lalu, ketika saya masih kelas 6 SD. Karakter, theme song, dan jalan ceritanya saya ingat betul. Meskipun ada yang lupa lupa juga. Pokoknya Sailor Moon adalah anime terkeren menurut saya.

Setelah Sailor Moon tidak tayang lagi, saya hanya bisa membayangkan dan terkenang-kenang. Tidak disangka, bertahun-tahun kemudian saya bisa menemukan komiknya baik secara fisik (beli di Senen) maupun versi scan (dapat dari internet). Tidak lengkap memang, hanya beberapa jilid saja.

Setelah itu Youtube juga menolong saya. Saya mendownload anime-nya versi bahasa Inggris. Ada juga yang bahsa Jepang tapi tidak lengkap. Saya sudah punya belasan episode tapi belum sempat melanjutkan untuk episode-episode selanjutnya.

Mengenai theme songnya juga menarik. Lagu opening Sailor Moon yang berjudul Light Densetsu diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk Indonesia.

Baru-baru ini saya tertarik dengan Sailor Moon Live Action. Saya ingin tahu bagaimana tokoh-tokoh favorit saya menjelma menjadi 'manusia beneran'. Ternyata tidak mengecewakan. Usagi yang ceroboh, Ami yang smart dan Rei yang misterius bisa tergambar baik dalam Live Action-nya (pada saat saya membuat tulisan ini, saya belum melihat Makoto dan Minako). Hanya saja sampai saat ini saya menyukai mereka pada saat menjadi manusia biasa, bukan ketika menjadi Sailor. Karena dengan wig warna warni, mereka kelihatan aneh. Hehehe...

Saya ingin membahas habis mengenai Sailor Moon, baik mengenai manga, anime, theme song dan live action-nya. Karena tidak cukup untuk satu entry, makanya saya membuatnya dalam beberapa part. Pertama kita bahas manga dulu.
--------------------------------------------------------------------------------



Sailor Moon/Pretty Guardian Sailor Moon/Bishōjo Senshi Sailor Moon's

Sailor Moon diciptakan oleh mangaka bernama Naoko Takeuchi. Bercerita tentang lima prajurit cantik berpakaian sailor yang memiliki kekuatan tata surya untuk melindungi bumi dari serangan Dark Kingdom. Mereka memiliki misi mencari Putri Bulan dan mencari Kristal Perak.

Manga Sailor Moon terbit dari Februari 1992 sampai Maret 1997 sebanyak 18 volume.

Naoko Takeuchi - Mangaka Sailor Moon
Naoko Takeuchi lahir pada tanggal 15 Maret 1967. Karyanya yang paling terkenal adalah Sailor Moon yang manga dan animenya terkenal di seluruh dunia. Takeuchi menulis lirik untuk beberapa lagu yang ada di anime dan serial Sailor Moon. Takeuchi tinggal bersama suaminya, Yoshihiro Togashi, pembuat manga YuYu Hakusho dan Hunter × Hunter.

Tokoh-Tokoh Dalam Sailor Moon

Usagi Tsukino (Sailor Moon)
Usagi adalah gadis ceroboh dan malas. Dia sering terlambat datang ke sekolah dan nilai ujiannya selalu jelek. Tapi bila berubah menjadi Sailor Moon dia akan menjadi pahlawan pembela kebenaran dan keadilan. Usagi juga adalah Putri Serenity yang selama ini dicari-cari oleh para sailor.

Ami Mizuno (Sailor Mercury)
Ami seorang yang sangat pintar di sekolah. Ibunya seorang dokter. Kekuatan es adalah andalannya saat berubah menjadi prajurit sailor.

Rei Hino (Sailor Mars)
Rei adalah seorang miko (pendeta wanita) yang tinggal di kuil bersama kakeknya. Dia bisa meramal. Punya dua burung gagak bernama Phobos dan Demos. Rei memiliki kekuatan api saat menjadi Sailor Mars.

Makoto Kino (Sailor Jupiter)
Karakter Makoto sangat tomboi. Badannya juga juga paling besar dibanding teman-temannya. Ia yatim piatu. Orangtuanya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Dalam manga, Makoto diceritakan tinggal sendiri di apartemen dan sangat hobi memasak dan membesihkan rumah.

Minako Aino (Sailor Venus)
Awalnya dia dikenal sebagai Sailor V. Setelah bertemu dengan empat temannya, mereka menjadi sahabat dan bersatu utnuk memberantas kejahatan.

Mamoru Chiba (Tuxido Bertopeng)
Mamoru adalah lelaki yang disukai Usagi. Di saat-saat tertentu, dia berubah menjadi Tuxido Bertopeng dan membantu para sailor.

Luna
Seekor kucing yang bisa bicara. Dialah yang menjelaskan pada Usagi dan kawan-kawan mengenai masa lalu mereka.


Pranala
Baca Manga Sailor Moon (chapter 1-9)
Sailor Moon (wiki)
Naoko Takeuchi
Naoko Takeuchi (wiki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar