4 Jan 2016

Konser KRY "Phonograph" 2 January 2016 di ICE BSD, Indonesia

Keinginan Yang Terwujud
Dulu saya pernah ada keinginan nonton konser KRY. Walau setahu saya konser mereka terbatas hanya di Korea dan Jepang saja. Lalu keinginan itu pupus. Apalagi setelah Yesung wamil. Tak disangka, lebih dari dua tahun kemudian tiba-tiba ada pengumuman konser KRY di Indonesia. Langsung niat nonton. Walau tak kunjung beli tiket.

Pada hari H, masih santai banget. Berangkat siang dari rumah. Cuaca pun tak menentu. Di Bekasi panas, Jakarta hujan, Tangerang berawan. Perjalanan relatif lancar. Ini kedua kali saya pergi ke ICE BSD jadi sudah tahu arahnya. Begitu sampai langsung ke tiketbox untuk beli tiket pink. Harga yang lumayan. Lebih mahal dari tiket konser saya yang sebelumnya.

Ada beberapa antrian, karena tidak tahu pink antri dimana akhirnya saya dan teman malah duduk-duduk dulu. Saat antrian mulai sedikit kami pun baris. Periksa tasnya agak lama karena kamera dan tongsis ga boleh masuk. Waktu sudah menunjukkan jam 14.52 tapi kami masih antri di luar.

Masuk ke hall setengah berlari. Saat masuk venue, terdengar suara Ryewook. Konsernya sudah dimulai. Kami naik tangga dan saya menunjukkan nomer bangku yang ada di tiket yaitu J-19. Petugasnya memberi tahu letak bangkunya dan menginfokan bahwa ada banner yang harus diangkat. Bannernya ada di bangku yang saya duduki. Petugasnya baik banget. Oiya saya dan teman bangkunya terpisah karena dia beli tiket duluan.

Saya pun melihat ke stage. Ada Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung di sana dengan lagu yang tidak saya tahu. Akhirnya keinginan lama saya terwujud. Melihat langsung konser KRY. Walau ketinggalan mungkin satu dua lagu. Pada saat saya nonton, entah lagu keberapa, mereka berdiri di stage depan yang berbentuk bundar. Lalu ada bintang-bintang di sekeliling mereka. Bintangnya berputar dan naik turun. Saya baru pertama kali melihat efek panggung seperti itu.

Menyapa Penonton
Tetap dengan salam khas Suju, KRY menyapa penonton. Pertama Ryeowook memperkenalkan diri. Dia bawa kertas contekan bahasa Indonesia. Berapa kali bilang kangen kangen. Lah kita juga udah rindu setengah mati. Hehe. Kemudian Kyuhyun. Setiap giliran dia, pasti tangan dia diangkat ke atas. Seolah minta penonton berteriak lebih keras lagi. Kata Kyuhyun "Nama saya Kyuhyun. Sudah lama tidak bertemu. Aku cinta kamu". Kyuhyun ngomong ga pakai teks. Hebat bisa hapal dia. Nah kalau Yesung mengingatkan kalau ini konser KRY terakhir.

Beberapa lagu dibawakan kembali. Ada satu lagu yang saya lihat efek panggungnya keren banget. Jadi mereka berdiri di panggung utama. Lalu perlahan-lahan kotak tempat mereka berdiri naik sekitar satu meter. Di layar utama ada gambar pegunungan. Mereka bertiga seolah-olah berdiri di atas pegunungan. Tak hanya itu, di tengah lagu layar utama menampilkan gambar air terjun. Lalu kotak tempat mereka bertiga berdiri pun menampilkan efek air terjun. Bukan cuma gambar tapi air terjun yang bergerak. Gila keren banget.

Video diputar. Saya tahu saat itu pasti KRY lagi ganti baju. Video yang diputar cukup panjang. Ceritanya seperti film. Yesung main gitar di pinggir jalan. Terus ketemu cewek. Ryeowook main piano. Ada cewek datang dan mereka main bersama-sama. Kyuhyun sedang kumpul bersama dengan teman kuliah. Dia melirik satu cewek cantik. Ada adegan cium segala bikin penonton histeris. Hahaha. Kelihatannya ceritanya romantis. Tetapi ternyata semuanya berakhir tragis. Yesung mengajak ceweknya pergi entah kemana. Tapi ceweknya menolak. Ryeowook kehilangan pendengarannya. Sekaligus dia kehilangan musik dan wanita yang ia cintai. Kyuhyun harus melihat wanita yang ia sukai menikah dengan orang lain.

Solo Performance
Dibuka oleh yesung. Setelah nyanyi satu lagu, dia menyapa penonton. Dia cerita dia pernah ke Jakarta untuk pemotretan. Ah, saya ingat. Yesung ke Jakarta tak lama setelah Suju menggelar konser di Jakarta. Yesung pemotretan di Kota Tua dan Pulau Seribu untuk sebuah majalah.

Solo kedua oleh Kyuhyun. Charming banget dia. Sayang saya tidak begitu mengikuti lagu solonya. Jadi cuma bengong aja pas dia nyanyi. Performance-nya keren parah. Perpaduan musik dan suara dia menghasilkan suatu yang berkesan mewah dan grande. Sama seperti Yesung, setelah lagu Kyuhyun berdialog dengan penonton. Awal sapaan sempet salah dan penonton ketawa. Kyu juga ketawa. Habisnya dia masih tetap ga bawa teks. Tapi pas bilang "apakah kalian senang?". Nah itu lancar. Kyu mengungkapkan isi hatinya kalau dia takut penontonnya sedikit tapi ternyata hari itu banyak sekali yang datang. Kyu narsis banget ternyata. Dia bilang mau nyanyi satu lagu lagi. Lalu pamer bahwa lagunya dia banyak. Penonton sorakin dan dia ketawa-tawa.

Habis ini pasti Ryeowook kan. Nah dia muncul di tengah panggung memakai jaket putih. Biasanya pas musik berkumandang saya udah nyerah aja karena tidak tahu lagunya. Tapi pas Ryewook beda. Bukan lagu slow seperti sebelumnya. Ini tipe lagu anak band. Lagu siapa ya? Sementara penonton mulai riuh. Saat Ryeowook mulai menyanyi, di layar kanan kiri ditampilkan teks lagu. Ya ampun lagu Indonesia. Lagu Noah yang berjudul Separuh Aku. Ini serius? Saya takjub. Ryeowook bisa menyanyikannya dengan lancar. Rasanya bahagia banget melihat idola dari Korea bisa membawakan lagu Indonesia. Bukan hanya sekali tapi ini untuk kedua kalinya. Hati bertanya-tanya, berapa lama dia menghapal lagu tersebut? Apakah sulit untuk menyanyikannya? Apakah dia mengerti arti lagu ini? Ah Ryeowook kamu hebat sekali.

Ryeowook menyapa penonton. Katanya dia tidak bisa komunikasi dengan penonton Indonesia, makanya dia menyanyikan lagu itu. Lalu dia baca surat panjang banget dengan bahasa Indonesia. Lagi-lagi saya takjub. Bahasa Indonesia-nya bagus banget meski ada keliru beberapa kata. Siapa yang buat surat itu ya. Mudah-mudahan Ryeowook sendiri yang buat lalu diterjemahkan oleh staf. Inti dari suratnya dia ingin lebih sering datang ke Indonesia. Tapi tidak bisa karena dia bekerja di Korea. Ryeowook menyanyikan lagu kedua. Sudah tidak asing lagi. Bunga Terakhir. Penampilan yang sama bagusnya seperti saat dia menyanyikannya pada SS6 pada bulan Mei lalu.

Setelah Ryeowook ternyata masih ada solo performance lagi. Penonton ramai. Saya pikir Yesung. Ternyata Leeteuk. Leader Suju itu memang ikut ke Jakarta jadi bintang tamu KRY.

Dari jaman SS4, ada yang khas dari Leeteuk. Dia selalu nanya nama dia ke penonton. Berulang-ulang dan makin lama makin keras. Di konser KRY pun begitu. Leeteuk menyapa "selamat datang" tapi sambil teriak-teriak. KRY jadi heran melihatnya. Tak lupa Leeteuk bilang "saya suka gadis Indonesia". Lho tumben ga kebalik kayak dulu. Ciri khas kata-kata Leeteuk tidak pernah berubah dari dulu. Yesung iseng banget nanya kenapa baju Leeteuk mengkilap. Hari itu dia memnag pakai jas biru yang agak blink-blink. Hahaha.

Leeteuk dikerjain sama KRY. Dia disuruh memperkenalkan anggota band yang mengiringi mereka. Pertama drum. Drummernya main drum lalu KRY plus Leeteuk joget entah lagu apa. Lalu keybordis cewek. Tiap pemusik selalu memainkan alat musiknya dengan meriah. Kecuali gitarisnya. Dia cuma genjreng sekali. Jadi sepi banget. Leeteuk bingung. Lalu dibilangin sama Leeteuk supaya main musiknya agak rame kayak yang lain.

KRY + Leeteuk (Akustik)
Akhirnya ada lagu yang lumayan saya tahu. Lagu Suju yaitu Someday. Disambung lagu Our Love. Tiap satu member nyanyi, penonton chant nama mereka dengan lantang.

Mereka masuk stage dan layar memutar video lagi

KRY muncul kembali. Ryeowook dengan jas merah. Kyu jas biru. Yesung jas hijau. Lagi-lagi saya dibuat terpesona dengan aksi panggungnya. KRY nyanyi dengan stand mic. Di belakang mereka ada tiang dengan lampu berjumlah empat yang menyorot mereka saat menyanyi. Di layar terlihat wah banget.

Lagu demi lagu telah dibawakan. Kemudian mereka bilang akan nyanyikan dua lagu terakhir. Ah masa secepat itu? Baru juga jam 5 sore. Lalu KRY dan penonton foto bersama. KRY di panggung dan penonton di bangku masing-masing. Di lagu terakhir KRY nyanyi sambil dadah ke penonton.

Setelah lagu selesai mereka masuk ke backstage. Penonton diam di tempat. Kemudian teriak encore.

Encore
Tak lama layar menampilkan video. Kali ini video behind the scene dari video awal. Adegan yesung ciuman diulang beberapa kali. Penonton selalu histeris tiap lihat adegan itu. Ada adegan Ryeowook harusnya sedih dia malah ketawa. Kyuhyun juga lucu kalau lagi syuting.

Akhirnya KRY muncul menyanyikan lagu lagi. Lagu Suju berjudul From U.

KRY berbincang dengan penonton. Tak lupa mereka memanggil Leeteuk. Leader yang aneh. Dia datang pakai kacamata. Alasannya karena penonton cantik. Tapi kata Yesung yang paling bersinar adalah baju Leeteuk. Leeteuk pamit dalam bahasa Indonesia sambil lihat contekan. Dia juga bilang "Assalamualaikum". Leeteuk benar-benar tidak berubah.

KRY nyanyi lagi. Lalu bicara untuk yang terakhir kali sebelum konser benar-benar selesai. Yang pertama bicara Ryeowook. Bikin baper karena dia bilang ga bisa datang kesini (Indonesia) dulu. Tapi nanti dia akan menyiapkan lagu Suju, KRY atau lagu dia sendiri.

Kyu bicara tidak jauh beda. Tadinya dia khawatir fans akan suka dengan penyanyi lain. Tapi ternyata ELF tidak selingkuh. Lagi sedih sempet ngomong gitu. Emang dasar Kyu. Terakhir dia ngomong "jangan lupain aku ya." Yesung sekali lagi mengingatkan bahwa ini rangkaian konser mereka yang terakhir.

Di lagu yang benar-benar terakhir mereka deep bow ke penonton. Lalu melambaikan tangan. Panggung depan tempat mereka berdiri lama-lama turun dan KRY menghilang. Lalu panggung tersebut naik lagi dan ada phonograph di atasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar