18 Okt 2018

Kebunku di Bulan Oktober 2018

Saya mau update tanaman-tanaman saya yang tumbuh di atap rumah.




Pohon apakah itu? Tidak lain tidak bukan adalah semangka. Jadi waktu itu pernah makan semangka kuning, bijinya dikumpulkan dan ditanam. Tumbuhnya gampang sekali. Hanya saya setelah itu perlu pot yang besar untuk setiap pohon. Belum tahu jadinya seperti apa karena baru pertama kali menanam semangka. Tanaman ini cepat sekali besarnya. Rasanya baru kemarin pohon itu tumbuh tinggi dengan dua daun. Sekarang sudah punya sulur sendiri. 


Selanjutnya pohon kelengkeng. Saya tahu pasti akan lama sekali sampai pohon ini berbuah. Tapi ya ditunggu saja. Dulu sekali saya pernah tanam kelengkeng. Tapi karena tidak dirawat jadi mati kekeringan.


Impatiens Balsamina. Nama Indonesia-nya saya malah lupa. Bunga yang sering ditanam. Punya yang warna merah tua. Tapi yang ini warna pink. Dapat ketika mudik. Di depan rumah tetangga ada pohon itu. Langsung saya ambil bijinya dan disimpan. Tanamnya tidak sekaligus karena takut habis. Jadi sampai sekarang bijinya masih ada dibungkus kertas. 


Pohon jeruk nipis. Sepertinya tidak ada harapan. Daunnya sering dimakan ulat. Sekarang daunnya kering dan tidak tahu sebabnya. Dari dulu kalau tanam jeruk selalu tidak berhasil.


Tomat lagi. Jadi cerinyata waktu itu saya sedang kecewa karena setiap tanam bunga matahari bijinya dimakan tikus terus. Akhirnya saya tanam tomat banyak sekali. Dan tomat itu gampang sekali tumbuhnya. Hanya saya kalau tomat masih menunggu mana yang akan tumbuh besar dan mana yang akan berhenti tumbuh. Tapi tanaman tomat saya kali ini agak beda karena di tinggi 30-50 cm sudah muncul bunga. Hm, akan jadi buah tomat tidak ya?


Cabe merah. Pertama kali tanam cabe merah. Semoga berhasil. Tanamnya banyak tapi sebagian pucuk daunnya mengkerut. Kenapa ya? Sebagian sih oke aja. Saya perhatikan yang tumbuh bagus adalah pohon yang sering kena matahari langsung. Jadi pohon cabe lainnya saya taruh juga di bawah sinar matahari langsung tapi kalau sudah terlanjur mengkerut daunnya bisa diperbaiki tidak?

Nah itu tadi update sebagian tanaman saya pada bulan ini. Inginnya rajin update supaya tahu perkembangan pada masing-masing pohon. Akan lanjut berbuah/berbunga atau stop di tengah jalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar