17 Okt 2018

Tomat Pertama

Saya ingin membuat postingan tentang berkebun. Seingat saya dulu pernah membuat postingan tentang tanaman-tanaman saya. Setelah flashback, ketemu juga Berkebun

Dan ternyata tulisan itu dibuat tahun 2015. Lama sekali. Tidak terasa. Sepanjang waktu itu sampai sekarang saya berkebun kadang-kadang. Sempat vakum karena musim hujan. Tapi sekarang aktif lagi. Karena sekarang musim panas berkepanjangan malah cocok untuk berkebun. Kalau kepanasan tinggal siram. Kalau hujan terus tanaman malah susah tumbuh.

Favorit saya tetap bunga matahari. Tapi selain itu saya juga coba tanam yang lain. Yang lumayan susah itu tomat. Beberapa bulan lalu sempat tanam dan tumbuh subur tapi tidak berbuah. Lalu coba lagi. Yang tumbuh cuma satu. Yang lainnya tumbuh setengah lalu stuck. Ditandai dengan pucuk daun yang mengkerut dan tidak tumbuh daun lagi. 

Nah dari satu pohon tomat yang tumbuh besar, ternyata buah yang dihasilkan hanya satu


Buah aslinya sebenarnya tidak begitu besar. Tapi lumayanlah. Itu tomat pertama saya. Setelah dipetik, dicuci dan dimakan langsung. Pohon tomat itu kemudian masih menghasilkan buah tapi kecil sekali. 

Oiya saya pernah membuat videonya lho dan upload di youtube. Soalnya lagi belajar bikin video juga. Bisa dilihat di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar