25 Jan 2007

Seleksi Awal

Hari minggu kemarin gue ikutan audisi, eh bukan ding, lebih tepatnya seleksi karyawan di stasiun tv yang berinisial T. Mungkin ada yang pernah liat iklannya di tv tersebut. Gue daftar lewat internet sebulan yang lalu. Gue sendiri hampir lupa tuh. Untung ada pengumumannya di tv. Pesertanya harus dateng hari Minggu ke Gelora Bung Karno, Senayan, karena proses seleksi akan diadakan di sana.

Pesertanya buaaanyakk banget. Kira2 enam puluh lima ribu. Seratus ribuan kalo digabung dengan tiga kota lainnya (sampe masuk muri lho). Makjaaann...itu di Gelora Bung Karno nyaris penuh. Udah kayak mau nonton bola atau nonton konsernya siapa gitu. Cuma bedanya ini duduknya rapi2 banget. Kayak mau ujian, pake bawa nomor lagi. Tapi emang kenyataannya mau ujian. Gue dapet tempat di sektor 18 tribun atas. Naik tangganya gilingaaaann...ga nahaaan! Udah kayak naik ke lantai lima kali ya. Hosh hosh...nafas jadi tidak teratur. Kaki jadi kaku, pegel2 juga.

Nunggu mulainya ampun lama. Masuknya sih sekitar jam dua-an. Tapi jam setengah empat baru dimulai. Buku soal dibagikan, gue dapet buku soal yang warna merah, kode B. Begitu dapet buku soal, gue dah nyolong2 ngerjain soal. Orang di kanan kiri gue juga gitu. Padahal belum boleh tuh. Harus barengan semuanya. Tapi, so what, ga ada yang liat ini. Iya nggak? Ssst, jangan bilang2 ya. Kemudian kita semua mengerjakan soal dengan tenang dan hening. Tapi yang agak kasian yang di tribun bawah sektor 11-12 (atau berapa lah gue lupa). Mereka kena panas matahari. Banyak yang pindah tempat duduk, tapi sebagian yang lain tetep kena panas. Kalo gue pasti udah ga bisa konsen tuh.

Soalnya 150 pilihan ganda. Setengahnya pengetahuan umum. Setengahnya lagi english. Sebenernya soalnya gampang2 choy, tapi gue ga bisa jawab. Uughhh payah. Gue baru nyadar kalo sekarang nih gue rada kuper, terutama tentang pengetahuan umum.

Mau tau soalnya kayak gimana? Eh tapi kan yang di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya belum ujian. Entar ketauan donk. Gapapa deh, gue pan baek. Gue kasih bocoran dikit aja ya (mudah2an di tiap kota soalnya lain2 ). Soalnya gini. Dimana Oscar diadain? Dimana Grammy diadain? Aih, meneketehe. Beberapa tahun terakhir ini gue ga pernah tau berita hiburan luar negeri, apalagi yang dari barat. Soal lainnya, siapa pemenang Grammy, siapa pemenang Oscar? Tarian A berasal dari propinsi mana? Suku B ada di propinsi mana? Blank, blank, blank... Ada juga pertanyaan tentang sekjen PBB sampe ke Hoobastank dan Chistina Aguilera. Yang gue yakin cuma jawaban seputar televisi. Indy Barends ma Indra Bekti bawain acara apa? Apa acara gosip yang ada di trans tv? Hahaha... gampang banget. Sambil merem, sambil mimpi juga bisa ngisi.

Dan yang english, biasa deh ada jembrengan paragraf disertai lima soal yang berkaitan dengan paragraf itu. Males banget bacanya paragrafnya. Tapi soal gituan langsung gue jawab. Gue ga mau ada soal yang diloncatin, takut keder nantinya. Soal2 english selanjutnya ternyata juga bikin gue gelagapan. Jadi malu nih.

Di sela2 ngisi jawaban, gue jadi inget, terakhir kali berhadapan dengan soal pilihan ganda model kayak gitu kapan ya? Oiya, pas umptn. Kalo kuliah kan banyakan soal essai. Tempat untuk mengarang bebas.

Akhirnya selesai juga deh. Setelah meriksa lembar jawaban (terisi semua, tapi banyak yang ngasal ) gue pun keluar. Saat itu sebagian peserta udah banyak yang selesai. Tapi lebih banyak yang belum. Mengingat jawaban2 gue, bikin gue sendiri jadi mikir, auchhh...ih dodol amat sih gitu aja ga tau.

Udah dapet pengumumannya nih. Dan ternyata, maaf, anda belum berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar