24 Jun 2010

Putuss - Dagienkz dan Desta (Prambors)



Antara tahun 2002-2008 ada sebuah acara radio yang sangat digemari anak muda Jakarta dan sekitarnya. Program ini dibawakan oleh Arie Dagienkz dan Desta. Mengudara antara pukul 06.00-10.00. Kemudian sempat berubah menjadi 07.00-11.00. Nama program tersebut adalah PUTUSS.

Saat itu adalah masa-masa kuliah saya. Entah mau masuk pagi atau siang, tiap pagi saya selalu mendengarkan siaran mereka. Siaran yang benar-benar berbeda daripada yang lain. Unik, kreatif dan lucu. Ada beberapa momen siaran yang masih saya ingat. Diantaranya...

Desta yang pada saat itu adalah pendatang di dunia penyiaran belum dapat memegang mixer. Sehingga pada saat Dagienkz meninggalkannya untuk ke belakang, Desta panik. Hahaha! Cerita lain adalah saat mereka membuat 'drama-dramaan'. Ada versi telenovela, dimana Dagienkz menjadi laki-laki dan Desta menjadi perempuan. Ada juga drama 'kakek-kakek'. Dan banyak lagi drama-drama yang lain.

Putuss sering didatangi bintang tamu. Tak hanya artis dalam negeri. Artis luar negeri pun pernah mampir ke studio Putuss. Yang lucu, Desta tidak fasih bahasa Inggris. Alhasil hanya Dagienkz yang mewawancarai si bintang tamu. Artis Malaysia, Siti Nurhaliza pernah interview bersama Dagienkz dan Desta. Mereka mempersembahkan lagu buat artis cantik itu. Lagunya, "manis di bibir..." (lagu Malaysia berjudul Mencari Alasan - Exist). FYI, sepertinya Desta suka dengan lagu tersebut karena dia sering menyenandungkannya.

Ada kejadian misteri sewaktu Putuss masih mengudara dari Jalan Mendut, Menteng. Jadi ceritanya Dagienkz dan Desta siaran ditemani satu orang operator. Mereka ngebanyol dan tertawa seperti biasa. Tiba-tiba...ada suara asing yang tertawa. Dan itu bukan suara Dagienkz, Desta maupun si operator. Rekaman siaran yang berisi suara tawa misteri itu pernah diperdengarkan dalam siaran mereka berikutnya.

Orang-orang terdekat Dagienkz dan Desta pernah muncul di acara Putuss. Yaitu orang tua Dagienkz dan orang tua juga adik Desta. Mereka ditelpon oleh Prambors dan bicara blak-blakan mengenai kelakuan Dagienkz dan Desta yang mungkin tidak diketahui oleh para pendengarnya selama ini.

Lagu-lagu yang diputar di Prambors kebanyakan lagu asing. Dalam siaran Putuss, Dagienkz memperkenalkan sejumlah lagu favoritnya. Diantaranya lagu Life is So Sweet (Garageland) dan Way Down Here Without You (Superdrag). Lagu yang bagus tapi kurang dikenal di pasaran. Bahkan dua lagu tersebut tidak ada video klipnya di Youtube. Karena mereka, saya menyukai lagu tersebut sampai sekarang.

Mau denger lagunya?
Garageland - Life is so Sweet
Superdrag - Way Down Here Without You

Desta pernah nyanyi lagu I Miss You dari Blink 182. Lagunya direkam dan beberapa kali diputar di acara Putuss. Inget nggak? ;)
Desta - I Miss You (cover Blink 182)

Di awal-awal, Dagienkz dan Desta selalu hadir dalam formasi lengkap. Tapi setelah itu kadang salah satunya absen. Misalnya Desta yang konser di luar kota bersama Clubeighties atau Dagienkz yang main film. Bahkan mereka pernah absen berbarengan. Jadi jam siarannya digantikan oleh penyiar lain.

24 Desember 2008 adalah siaran terakhir mereka. Sudah waktunya untuk regenerasi. Sebelumnya sebagian besar penyiar Prambors juga sudah meninggalkan Prambors. Seperti Venna Annisa, Irfan Ikhsan, Arlingga Panega, Arif, Imam Wibowo, dll. Saat ini Desta lumayan eksis jadi pemain film, presenter dan nge-band bersama The Cash. Sedangkan Ari Dagienkz menjadi penyiar di radio Motion FM.



Semboyan Putuss
Masih ingat dengan semboyan Putuss yang selalu diucapkan Dagienkz dan Desta?
Putuss! Ayo Main yang Bagus
Lama-lama semboyan itu menjadi panjang sekali. Dan harus diucapkan lengkap.
Putuss Ayo Main Yang Bagus, Jia You Plak, Nya Nya, No War What’s Up, Aiiiiih!

Mau denger rekaman siaran mereka?
Lagu Anjing
Game Ketawa
Tebak-tebakan
Heli
Lengkapnya disini

Foto-foto
Dagienkz & Desta di Putuss

Video Siaran Putuss
Putuss Behind The Scene
Dongeng Paman Ganjar di Putuss
2D Last Show - Jingle Putuss
2D Last Show - Cut Terakhir
Dagienkz Desta terakhir siaran di Prambors


Video Jingle Putuss



Jingle Putuss

Bangun, pagi-pagi
Ke sekolah, ke kampus, ke kantor kita pergi
Tapi oh my god!
Traffic jam lagiii..

But you don’t have too worry
Ada dagienkz dan dedi
Yang slalu menemaniii..

Di putuss..
Ayo maen yang baguss
Ayo maen yang baguss..!!



Jingle Putuss berbagai versi

Jingle Putuss ala Club 80's
Jingle Putuss ala Efek Rumah Kaca

Kangen dengan Dagienkz dan Desta? Follow twitter mereka :
Ari Dagienkz @dagienkz
Desta @desta80s


Sumber :
Prambors Radio (Youtube)
Putuss' Blog
Nofri

37 komentar:

  1. wah jadi nostagia lagi nih.. jadi keinget masa2 dulu waktu masig sering denger radio prambors. Punya lagu2 yang sering diputar di prambors waktu era 2002 - 2003 gak? Contohnya kaya yang di atas Garageland, susah bgt dapatnya. thx

    BalasHapus
  2. garageland - life is so sweet ada
    superdrag - way down here without you jg ada
    mau?

    BalasHapus
  3. sungguh saya kangen banget ama merekaaa.. :(
    pengen dengerin putus lagii

    BalasHapus
  4. wahhhh....jadi kangen ma putusss....
    nemenin gw pagi2 pas siap2 mau brangkat kerja...
    seinget gw, lagunya Adam Sandler deh lagu favorit mereka berdua yang 'Grow Old With You'.. :)

    BalasHapus
  5. request ke twitternya aja
    @desta80s dan @dagienkz

    BalasHapus
  6. Yes kangen jg..slalu nemenin tiap gw brkt skolah
    Rela curi2 dngerin pke earphone dikelas bwt dgrin mreka bedua..
    Smbil snyum2 sndiri dgrin crita 'gila' mreka..
    Satu lagi,ga tau knp itu jingle slalu bkin smangat dipagi hari! :)
    ♥ ♡ love dagienkz & dedi

    BalasHapus
  7. duet mereka tak tergantikan!!

    BalasHapus
  8. penggemar banget nih

    salam knl

    BalasHapus
  9. saat akhr agustus 2008 sy harus melanjutkan skolah diluar Indonesia, sempet lmayan stress dan sedih mikirin ga akan bsa denger putuss.bukan cuma soal frekuensi radio yg bisa teratasi dgn internet,tpi masalah prbedaan waktu yg artinya sy masih pules saat dagienk desta mengudara :-(
    stlah berhasil mengatasi karna mulai terbiasa, akhir november lalu sy shock karna bru tau putuss sdah tdak ada lagi..miss u gink des..pagiku tak pernah sama lagi

    BalasHapus
  10. KANGEEEENNN....!!! tiaap hari! sampe kampus masih nyisa ngakak nya, padahal udh selese dengerin... kl main tebak2an asli maksaa! yg paling gw suka kl lagi ngubah syair lagu.. duluu sampe gw tulis itu syair di file kuliah gw, gw taro bareng sama rumus2 kalkulus! jingle putus berbagai versi, dari berbagai artis... damn missed!

    BalasHapus
  11. Iya! Saya juga ingat ketika dtang pertamakali ke jakarta taun 2005 untk kuliah di STAN. Awal perkenalan saya dgn acara ini liwat radio hape karena pertama ngekost blum punya tivi. So rajin dngerin radio deh, jakarta siarannya oke2 dan lagunya keren2, bnyak lgi stasiun nya. Tapi diantara smw stas yg oke2 it sya plg sneng ma prambors, gara2nya ya siaran Putuss itu. 3 tahun di ibukota tdk mudah tpi setiap pagi jadi riang gara2 siaran daging dedi apalagi kalo g da kuliah ato kuliah/ujian siang pasti ngedengerin mereka wajib, bkin ngakak2 sndiri sih. Pernah suatu waktu sya menang quiz nonton SWITCHFOOT dri prambors, pas ambil tiket pas Putuss siaran, saya liat desta di dlm ruang siaran dan dagink tiba2 menyapa(rambutnya msh afro) "Wah, menang ya mbak..?" gitu katanya. Wah intinya homesick, belajar ujian, ke kere an(ada ga ya kata ini, g punya duit d intinya) brlalu lbh mudah gr2 sy tahu tiap pagi putuss siaran(pas lg plg ke sby te2p dngerin relay prambors sby). Sekarang saya sdh lulus dan penempatan di kantor pajak pratama balikpapan. Bkin stasiun relay di kalimantan dong, hehe. Thanx ya dagink dedi.. ;) ditnggu kalo maen ke balikpapan!
    -Hesti Luh-

    BalasHapus
  12. desta n dagienkz ayo donk siaran buat ngelepas rasa kangennya kita" para pendengar setia putus

    BalasHapus
  13. putuss.. Ayo maen yg baguusss..
    Kangen denger suara falesnya desta, ketawanya dagink. Sumpah,kangen abesss... Tiap pagi nemenin gw brgkt kuliah,gak brasa kalo disekeliling macetnya minta ampuuunn.. Lucu kalo mrk dah berantem,trus sumpah serapahnya dagink,omongan2 nyerempetnya desta.
    Gw inget betapa paniknya desta saat salah nyebut loket jadi to*et heheh..
    Dagink dgn logat prancisnya. Kalo lg maen drama suka rebutan yg jadi cewenya.. Drama terakhir yg mrk mainin,gabriella sama sapaaa gitu,gw lupa. Tp sumpah kocak abesss...
    Lagu yg mengingatkan gw akan desta+dagink yaitu LOBO sama Teri yg duet mapenyanyi prancis itu.. Kocak..
    Lagunya grow old with you-nya adam sandler emg lagu yg pas buat penutupnya.. Lov you both *kisskiss

    BalasHapus
  14. @atas, Gabriella dan Valentino..

    BalasHapus
  15. Kangen dagienk n dedy siaran diputussss... Bikin semangat menjalani hari :)
    Ayo dong siaran u/mengobati qta" Ɣƍ kangen sm kalian!!! #ihope#
    Miss u all :)

    BalasHapus
  16. Putus! Ayo main yg bagus, jia-you, plak, nyanya, no war, what's up, aiiiiii....

    Salam putuss,
    Resta

    BalasHapus
  17. saya aktif di miliss nya putuss, beberapa kali bisa gathering bersama dua penyiar handal ini. dan dari milis tersebut saya juga mendapatkan banyak sahabat, yang sampai sekarang masih sering kumpul bareng. thanks dagienkz dan desta,,,hehehe

    BalasHapus
  18. Jadi inget...waktu nyanyi lagu "kemarin paman datang".
    ditranslate ke bhs inggris.paraah ngaco bgt...
    tapi kerenn...missed u bro...

    BalasHapus
  19. kangen ya, parah, saya juga suka dengerin dari dulu, kalo sekarang rasanya pengen lagi denger siaran kayak mereka punya.. :'(

    BalasHapus
  20. putus menemani hari-hariku di lab saat penelitian untuk skripsi tahun 03/04...

    *nostalgia indah*

    tenkyu daging..tenkyu desta.. ^_^

    BalasHapus
  21. Aah dari dulu nyari lagu Life is So Sweet ga pernah nemu walaupun sekedar liriknya. Akhirnya tau siapa yg nyanyi berkat post ini & setelah dicari ternyata ada lagunya di grooveshark...senangnyaa ^^.
    Jadi kangen masa2 itu...

    BalasHapus
  22. ada yg punya rekaman siarannya Dagienkz & Desta ga sih?
    kalo ada, gue mauuuuuu...!!!

    BalasHapus
  23. makasih bro...gw kebetulan lg nyari lagu life is so sweet...gra2 putuss, tp gw lupa judulnya...hehe

    BalasHapus
  24. Meski gw di cirebon, gw jg favorit bngt dngrin dagink n desta diputus, sayang acara ini dah gak ada lagi, hai PramborS gw kangen mereka ber2 siaran :-(

    BalasHapus
  25. gw punya rekamannya mereka lg siaran neh silakan download disini :
    http://www.4shared.com/audio/ZT42HTss/desta__dagienkz_-_lagu_anjing.htm
    http://www.4shared.com/audio/97TtKLjt/Dagienkz__Desta_-_game_ketawa.htm
    http://www.4shared.com/audio/em_u55zy/Dagienkz__Desta_-_Tebak2an.htm
    http://www.4shared.com/audio/VnEVPHqu/Dagienkz__Desta_-_Heli.htm

    moga2 bisa ngobatin kerinduan kawula muda smua...

    BalasHapus
  26. makasih nofri ^^
    linknya gue pajang di blog ya
    btw, rekamannya msh ada lagi gak?

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. neh ada lagi rekamn putussnya masuk kemari ya... http://dodol-dudul.blogspot.com/2011/01/rekaman-putuss-dagienkz-desta-prambors.html

    BalasHapus
  29. dimana ya nyari list lagu2 yang hits di prambors tahun 2002-2004??

    BalasHapus
  30. kalo tau lagunya, tinggal search di 4shared ;)

    BalasHapus
  31. kalo ga salah yang sering diputer:
    molotov - fijolero
    cardigans - so what is word
    athlete - you got style
    plain white T's - hey there delilah
    sixpence none the richter - dont't dream is over
    spinto band - oh mandy
    suede - simon
    morrisey - almamater
    dan ada satu lagi - lagu.halah masih make strip..
    ulang, dan masih ada lagu-lagu laen...
    bentar ane inget-inget dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @farelnine tau lagu barat yang daging sama desta suka nyebut kayak lirik indo gak lagu'nya pas dinyanyiin begini "lagu ini lagu apa" padahal itu lirik english, tapi kata daging sama desta itu liriknya seperti lirik indo begitu "lagu ini lagu apa", terus pokoknya liriknya ada "twinkle twinkle little star"

      Hapus
    2. Ini bukan? De-Phazz - Wait

      Hapus
  32. Jadi inget dulu Dagienkz dan Desta sempat menyanyikan potongan lagu Feel like making love (baby, when I think about you, I think about love) selama setahun penuh.

    BalasHapus
  33. Guys in case kalian lagi nyari2 lagu Prambors tahun 2003-2005 gue buat playlistnya di spotify. Semoga membantu! https://open.spotify.com/user/wulanatlia/playlist/1lGfTIC6kRbsddv7xX30dj

    BalasHapus